Fokus Bisnis
Vol 20 No 2 (2021): Fokus Bisnis

Antecedents Customer Satisfaction in Jabodetabek: Perception Customer of Price, Perception of Fairness Offered and Pricing Procedures

Arifin Djakasaputra (Universitas Tarumanagara)
Halim Putera Siswanto (Universitas Tarumanagara)
Yuniarwati Yuniarwati (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga perawatan mobil rutin terhadap kepuasan pelanggan di bengkel resmi mobil yang dibagi menjadi beberapa urutan yang berurutan. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah persepsi harga, sedangkan variabel endogen adalah persepsi kewajaran penawaran harga, persepsi keadilan prosedur penetapan harga, kepuasan terhadap pelayanan bengkel, kepuasan terhadap hasil kerja bengkel, dan kepuasan terhadap pelayanan bengkel secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan 150 pelanggan bengkel resmi mobil sebagai responden setelah melalui proses normalisasi data. Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan AMOS 20.0 digunakan dalam analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga secara tidak langsung mempengaruhi kepuasan terhadap pelayanan bengkel secara keseluruhan melalui dua variabel pemoderasi yaitu kepuasan terhadap pelayanan bengkel dan kepuasan terhadap hasil kerja bengkel, semuanya berada pada taraf signifikansi 0,05.

Copyrights © 2021