Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 3, No 2 (2021): Peqguruang, Volume 3, No.2, Nopember 2021

METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN KONDOSAPATA

Krismayanti, Alvi (Unknown)
Fatimah, Fatimah (Unknown)
Tone, Kamaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP kristen kondosapata tahun pelajaran 2019/2020 dengan tujuan mengetahui pengatuh petode problem solving terhadap hasil belajar matematika penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes dan pengamatan aktivitas peserta didik. Penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deeskriptif kelas eksperimen nilai rata rata pretest yaitu 49,17 diberi perlakuan metode problem solving rata rata postest peserta didik menjadi 81,66. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata rata pretest peserta didik 49,65 seletah posttest nilai rata rata menjadi 60,59%. Dilihat dari aktivitas peserta didik nilai rata rata kelas kelas kontrol 78,59 sedangkan kelas eksperimen rata rata 85,75%. Dari analaisis inferensial uji indepemdent sample T test untuk data hasil posttest kedua kelompok data diperoleh sig. (2 tailed) 0,00<0,05 dan nilai T hitung 4.594 sehimgga Thiting 4.594>Ttable 1.660. Maka ini menunjukkan bahwa Ho di tolak dan H1 diterimah. Jadi dapat didimpulkan bahwa metode problem solving ada pengaruh hasil belajar matematika siswa kelas VIII smp kristen kondosapata

Copyrights © 2021