Abimanyu: Journal of Community Engagement
Vol 2 No 2 (2021): Agustus 2021

IbM Strategi Pembuatan Alat Permainan Edukatif Kearifan Lokal Berbasis Teknologi Informasi Bagi Pendidik Anak Usia Dini

Hanggara Budi Utomo (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Veny Iswantiningtyas (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Itot Bian Raharjo (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
David Rindu Kurniawan (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari program Iptek bagi Masyarakat (IbM) ini adalah agar pendidik dan calon pendidik anak usia dini dapat mengembangkan kreativitas dalam merancang dan membuat alat permainan edukatif berbasis kearifan lokal, serta dapat menggunakan teknologi informasi sebagai sarana untuk mengembangkan secara digital tahapan membuat dan merancang alat permainan edukatif. Target yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah membentuk team work yang cukup memahami pengetahuan dalam membuat dan merancang alat permainan edukatif kearifan lokal. Metode penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi, serta evaluasi yang dikemas secara sikron dan asinkronus.  Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara keseluruhan sangat baik. Rancangan pembuatan alat permainan edukatif berbasis kearifan lokal dapat direkomendasikan dan dimplementasikan di taman kanak-kanak sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan kearifan lokal. Implikasi dari kegiatan pengabdian ini adalah pendidik harus mampu mendukung pembelajaran muatan lokal dengan mengenalkan kearifan lokal daerah dengan perpaduan dengan teknologi informasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abimanyu

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Abimanyu particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Student ...