Jihbiz: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah
Vol 4 No 1 (2020)

Faktor Layanan dan Keputusan Menjadi Nasabah pada BMT UGT Sidogiri

Isa Kholili (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Dharma Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah secara simultan dan parsial dan variabel kualitas pelayanan yang paling dominan yang berpengaruh pada kepuasan pelanggan pada BMT UGT Sidogiri. BMT UGT Sidogiri sebagai salah satu bentuk usaha pelayanan penyedia jasa di bidang keuangan, maka dalam mengambil kebijaksanaan mengenai kualitas pelayanan yang berkualitas, bank dapat mengukur dan memantau kepuasan pelanggan dengan sistem keluhan dan saran serta survei keputusan nasabah. Temuan lainnya terkait dalam penelitian. Pertama, pelayanan yang terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Kedua, pelayanan yang terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Ketiga, variabel Pelayanan, tangibles merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan nasabah. Saran untuk Nasabah, agar lebih selektif dalam memilih produk dengan adanya berbagai tawaran produk, karena pada dasarnya nasabah ingin memenuhi kebutuhan dengan mencari manfaat dari sebuah produk. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya tidak hanya meneliti dari lima variabel layanan saja.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jihbiz

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JIHBIZ: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking has a focus study on Islamic economics, Islamic finance, and Islamic banking. While the scope of studies in this journal includes: Islamic Economics: Islamic economics thought, national Islamic economy strategies, the ecosystem of shariah ...