Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai
Vol 1, No 01 (2021): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran

MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Lela Permanasari (STKIP-PGRI Bandar Lampung)
Kenny Candra Pradana (Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan tingkat eksplorasi kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. teknik sampling yang digunakan adalah teknik Random Sampling. Sampel penelitian kelas VII K sebanyak 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebanyak 23 orang sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus statistik t-tes. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik t-tes diperoleh nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.000 kurang dari 0.05. Maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ESP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai, with registered number p-ISSN: 2808-1072 (print), e-ISSN: 2808-1153 (online), is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung. The aim of this journal ...