Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi terhadap loyalitas pengguna start up company yang memiliki status “unicorn”. Status “unicorn” adalah status yang dimiliki oleh perusahaan startup dengan valuasi nilai 1 Miliar Dollar atau lebih. Variabel - variabel dalam penelitian ini adalah Advertising, Trade Promotion, Word Of Mouth, CRM terhadap loyalitas pengguna startup company Traveloka di wilayah DKI Jakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan regresi dan korelasi yaitu metode yang bertujuan untuk menggambarkan pengaruh dan hubungan sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah menggunakan aplikasi traveloka yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling method. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan alat uji validitas, uji reliabilitas, skala likert, uji regresi binary logistic, dan uji Nagelkerke R Square. Hasil dalam penelitian ini adalah, variable advertising dan customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel trade promotion dan word of mouth berpengaruh positif namun tidak signifikan.
Copyrights © 2019