JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)
Vol 3, No 1 (2017): JURNAL EDUKASI DAN SAINS MATEMATIKA

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES (MI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

Riva Lesta Ariany (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Jarnawi Afgani Dahlan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Stanley - Dewanto (Universitas Padjajaran Bandung)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2017

Abstract

Abstrak Eksperimen kontrol grup  pretes postes untuk mengetahui kemampuan penalaran dan disposisi matematis. Penelitian melibatkan 72 orang siswa kelas VII SMP di Ciamis. Penelitian menemukan bahwa siswa yang belajar menggunakan pembelajaran MI lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan penalaran.  MI meningkatkan kemampuan penalaran siswa, peningkatannya lebih baik dari pada yang konvensional. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis pada siswa yang menggunakan MI berdasarkan kategori KAM. Penemuan lainnya adalah mengajar dengan MI lebih baik  dari pada konvensional terhadap disposisi siswa. Kata Kunci : MI, Penalaran Matematis, Disposisi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JESMath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) (p-ISSN: 2460-8904, e-ISSN: 2621-4202), is an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is designed ...