JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)
Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP MINAT DAN PRESTASI PESERTA DIDIK

Wikan Budi Utami (Universitas Pancasakti Tegal)
Devi Ratnasari (Unknown)
Ponoharjo Ponoharjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Minat dan prestasi belajar matematika  peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp dengan materi lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp tanpa materi. Penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen . populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X TKRO SMK Negeri 2 Slawi. Sedangkan sampelnya diambil dua kelas, yaitu kelas X TKRO 1 menjadi kelas eksperimen dan kelas X TKRO 2 menjadi kelas kontrol.instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah 20 item angket dan 10 soal tes berbentuk pilihan ganda yang mengukur minat dan Prestasi belajar peserta didik. Cara mengetahui minat dan Prestasi belajar itu lebih baik maka sebelumnya dilakukan uji kesetaraan sampel yaitu menggunakan uji analisis ragam satu arah.kemudian data Prestasi postes diolah dengan dengan langkah uji normalitas univariat dan normalitas multivariat,uji homogenitas univariat dan homogenitas multivariat dan uji 2-Hotelling.Berdasarkan analisis Prestasi pengolahan data pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Minat belajar dan Prestasi belajar matematika  peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp dengan materi lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp tanpa materi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JESMath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) (p-ISSN: 2460-8904, e-ISSN: 2621-4202), is an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is designed ...