Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh penggunaan model gallery walk terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V materi perubahan wujud benda. Penelitian ini dilakukan di SDN 84 Singkawang. Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 84 Singkawang menggunakan teknik pengambilan sampel berupa sampel jenuh (total sampling). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Adanya perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dianalisis menggunakan uji t dengan yaitu ; (2) Model pembelajaran gallery walk memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar IPA siswa sebesar 0,90 (kriteria tinggi); (3) Aktivitas belajar murid termasuk tinggi atau aktif dengan menerapkan model pembelajaran gallery walk sebesar 85,765%. Sehingga dapat disimpulkan gallery walk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 84 Singkawang.
Copyrights © 2021