JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Edukasi Ekobis (JEE)

PENGARUH MARKETING MIX (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Rizaldi Noverisman (Unknown)
Yon Rizal (Unknown)
I Komang Winatha (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2022

Abstract

The research aims to determine the effect of Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) and service quality on the customer satisfaction. This research used experiment and associative method with ex post facto and survey approach. The population in this research is all 350 customers at the Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung and 78 as the respondents. Data collection samples used was done through observation, documentation, interview, and quistionnaire. Analysis technique by liniear regression and path analysis. The analysis showed that learning result of customer satisfaction integrated subjects is influenced by any variables of 91.7% and the remaining 8.3% is influenced by other factors which are not examined in this research.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di Rumah Makan Ibu Diah Bandar Lampung dengan jumlah sebanyak 350 pelanggan dan sampel sebanyak 78 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan regresi linear dan path analysis. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) dan kualitas pelayanan sebesar 91,7% terhadap kepuasan pelanggan dan sisanya sebesar 8,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.  Kata Kunci : Marketing Mix, Product, Price, Place, Promotion, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...