Hasil belajar merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan proses belajar. Dalam proses pembelajaran, peran orang tua sebagai motivator sangat berpengaruh bagi hasil belajar siswa secara maksimal. Penelitian ini mennggunakan jenis Penelitian Kuantitatif, sedangkan sifat penelitian dalam penelitian ini adalah bersifat korelatif dengan pengolahan data, analisi yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana dengan bantuan program SPSS versi 22. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh antara variabel X (Motivasi Orang Tua) terhadap variabel Y (Hasil Belajar). Nilai koefesiensi regresi bernilai positif, maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa, variabel X (Motivasi Orang Tua) berpengaruh positif terhadap variabel Y (Hasil Belajar). Hal ini menunjukkan bahwa perubahan Y searah dengan X. Sehingga persamaan regresinya adalah Y= 0,75900+ 0,420 X. Selain itu Berdasarkan Hasil Uji hopotesis (t) varibel X (Motivasi Orang Tua) terhadap varibel Y (Hasil Belajar) diperoleh hasil thitung ttabel yaitu (4,652 2.015). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya variabel X (Motivasi Orang Tua) bepengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Y (Hasil Belajar). Serta berdasarkan nilai R squar, besarnya pengaruh variabel X (Motivasi Orang Tua) terhadap variabel Y (Hasil Belajar) adalah sebesar 78,8%, sedangkan sisanya 22% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Motivasi Orang Tua, Hasil Belajar Siswa.
Copyrights © 2022