JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 9, No 1 (2022): JEE (Jurnal Ekonomi Ekobis)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DL DAN PjBL DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR

Tri Yuli Susanti (Unknown)
Tedi Rusman (Unknown)
Nurdin Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2022

Abstract

This study examines the social studies learning outcomes comparison with model Discovery Learning (DL) and Project Based Learning (PjBL) with regard interest in studying in class VIII SMP Negeri 1 Gadingrejo. The result of data analyzing showed: (1) there is a difference of students average result stud of social studies using DL models and PjBL models, (2) students result study using DL are higher than PjBL for the students who have high interest in learning, (3) students result study using DL are lower than PjBL for the students who have low interest in learning, (4) there is a difference of students average result study for the students who have high and low interest in learning, (5) there is an interaction between learning model and students interest to the students result study of social studies.Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan model Discovery Learning (DL) dan Project Based Learning (PjBL) denganmemperhatikan minat belajar kelas VIII SMP Negeri 1 Gadingrejo. Metode yang digunakan komparatif dengan pendekatan eksperimen. Hasil analisis (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model DL dan PjBL, (2) hasil belajar menggunakan model DL lebih tinggi dari pada model PjBL untuk siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, (3) hasil belajar siswa menggunakan model DL lebih rendah dari pada model PjBL untuk siswa yang mempunyai minat belajar rendah, (4) ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang mempunyai minat tinggi dan rendah, (5) ada interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu.Kata kunci: DL, hasil belajar, PjBL

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...