Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Penerapan Think Pair Share pada pembelajaran tematik: Analisis perkembangan sosial emosional siswa usia dasar

Amirah Al May Azizah (Pascasarjana PGMI UIN Sunan Kalijaga)
Maemonah Maemonah (Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Implementasi Think Pair Share pada pembelajaran tematik merupakan inovasi pembelajaran yang mengedepankan perkembangan sosial emosional peserta didik. Metode pembelajaran ini mencoba menyeimbangkan pembelajaran pada aspek kognitif maupun sosial emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research), dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan meninjau dari berbagai sumber data seperti buku, jurnal dan dokumen yang dianggap relevan. Tujuan penelitian ini, membahas tentang metode Think Pair Share pada pembelajaran tematik yang mengedepankan perkembangan sosial emosional peserta didik di sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Think Pair Share merupakan pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memaksimalkan proses sosial emosional peserta didik dan pembelajaran ini dapat menunjang keberhasilan dalam hubungan sosial peserta didik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan metode Think Pair Share, peserta didik dapat berkomunikasi, dan bekerja sama serta memiliki jiwa solidaritas sosial dengan teman dan lingkungannya. Oleh karena itu, apabila aspek perkembangan sosial emosional peserta didik lebih optimal, maka akan membentuk peserta didik yang memiliki perkembangan sosial emosional yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...