Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pengembangan instrumen tes kemampuan penalaran kuantitatif bagi siswa kelas VI SD/MI

Dzikra Fuadiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Kemampuan penalaran kuantitatif menjadi dasar bagi siswa memahami dan mempelajari matematika dan ilmu pengetahuan lain. Kemampuan penalaran kuantitatif berhubungan dengan kemampuan menggali informasi tentang kuantitas tertentu yang berhubungan atau berubah atau bertransformasi ke kuantitas lain menuju kesimpulan dari suatu masalah. Ketersediaan tes kemampuan penalaran kuantitatif (TKPK) akan bermanfaat untuk mengukur kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan perangkat tes kemampuan penalaran kuantitatif dan kualitas tes kemampuan penalaran kuantitatif untuk siswa kelas VI MI/SD yang telah dikembangkan tersebut. Perangkat TKPK dikembangkan menggunakan metode penelitian pengembagan tes. Instrumen TKPK meliputi lembar soal (petunjuk peserta tes dan soal), lembar jawaban, pedoman penskoran, pedoman pengawas dan jawaban dan alternatif penyelesaian. Pengembangan TKPK siswa kelas VI MI/SD dilakukan dengan merancang dua rancangan, yaitu TKPK 1 dan TKPK 2 dan melalui tujuh tahap, yaitu (1) mendefinisikan indikator kemampuan penalaran kuantitatif, konten tes dan konteks masalah; (2) mengkonstruk kisi-kisi, format pertanyaan dan jawaban, bentuk penyelenggaraan dan cara penskoran; (3) menyusun butir soal dan pedoman penskoran; (4) menyusun petunjuk penyelenggaraan tes untuk pengawas tes serta petunjuk untuk peserta tes; (5) uji coba instrumen tes; (6) analisis butir soal secara kuantitatif; dan (7) merevisi butir soal. Dua rancangan TKPK yang dikembangkan memiliki kualitas yang cukup baik. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...