AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 10, No 4 (2021)

KEMAMPUAN PEMAHAMAN GEOMETRI DALAM E-LEARNING DI MASA COVID 19

Muhamad Firdaus (IKIP PGRI Pontianak)
Hodiyanto Hodiyanto (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) respon mahasiswa selama mengikuti pembelajaran daring (dalam jaringan) atau e-learning, (2)  kendala yang dialami mahasiswa selama mengikuti pembelajaran daring (dalam jaringan) dalam pembelajaran geometri, (3) kemampuan pemahaman geometri mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran daring. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, berupa studi kasus. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket, tes kemampuan pemahaman dan lembar wawancara. Adapun subjek penelitian yang diambil adalah dua orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak yang sedang mengambil mata kuliah geometri analitik bidang yang memiliki nilai terendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) mahasiswa lebih suka belajar tatap muka dari pada mengikuti perkuliahan online selama satu semester, (2) banyak sekali kendala yang dialami mahasiswa selama mengikuti pembelajaran seperti: jaringan yang tidak memadai bahkan banyak di daerah-daerah yang tidak ada signal/jaringan, sulitnya memahami dalam pembelajaran daring, kehabisan kuota, mahalnya harga kuota bagi keluarga tidak mampu, ketidakmampuan orang tua untuk membeli android, jaringan terganggu bahkan hilang pada saat bencana, dan tugas yang menumpuk yang diberikan oleh dosen, (3) mahasiswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman khusunya pada indikator pemahaman fungsional

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...