Gema Pendidikan
Vol 29, No 1 (2022): Januari, Gema Pendidikan

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA PESERTA DIDIK

STEFANI ANDRA UTAMI (SLAMET RIYADI UNIVERSITY)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Mojosongo III Surakarta pada peserta didik kelas VB bahwa fokus dan pemahaman peserta didik masih rendah maka perlunya upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan media lagu dalam pembelajaran Tematik Intergratif . Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki empat komponen yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui Tes dan non tes melalui Pretest diakhir Siklus I dan siklus II sedang nontes melalui, observasi,  dan dokumentasi. peserta didik mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Hal itu dibuktikan dari hasil tes menghafal peserta didik pada pra tindakan nilai peserta didik  yang mencapai KKM hanya 66.66 %. Sedangkan rata-rata nilainya yakni 62.34. Pasca tindakan siklus I, nilai peserta didik  yang mampu mencapai KKM meningkat menjadi 86.66 %. Rata-rata nilai peserta didik  juga meningkat menjadi 65,83. Sedangkan setelah tindakan siklus II peserta didik  yang mencapai KKM sebanyak 100%. Rata-ratanya nilai keterampilan menulis  pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,50.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...