ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Mojosongo III Surakarta pada peserta didik kelas VB bahwa fokus dan pemahaman peserta didik masih rendah maka perlunya upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan media lagu dalam pembelajaran Tematik Intergratif . Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki empat komponen yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui Tes dan non tes melalui Pretest diakhir Siklus I dan siklus II sedang nontes melalui, observasi, dan dokumentasi. peserta didik mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Hal itu dibuktikan dari hasil tes menghafal peserta didik pada pra tindakan nilai peserta didik yang mencapai KKM hanya 66.66 %. Sedangkan rata-rata nilainya yakni 62.34. Pasca tindakan siklus I, nilai peserta didik yang mampu mencapai KKM meningkat menjadi 86.66 %. Rata-rata nilai peserta didik juga meningkat menjadi 65,83. Sedangkan setelah tindakan siklus II peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 100%. Rata-ratanya nilai keterampilan menulis pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,50.
Copyrights © 2022