Gema Pendidikan
Vol 29, No 1 (2022): Januari, Gema Pendidikan

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER SISWA SMP NEGERI 3 BUTON TENGAH

Alber Tigor Arifyanto (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo)
Nur Anisah (SMP Negeri 3 Buton Tengah)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan perencanaan karier siswa kelas IX SMP Negeri 3 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimental dengan metode pre eksperimen desain One Group Pre-test and Post-test Design. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa dengan tingkat perencanaan karier rendah. Metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai output Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,005, nilai sig. 0,005 < 0,05 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan perencanaan karier siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hasil tersebut menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam  meningkatkan perencanaan karier siswa kelas IX SMP Negeri 3 Buton Tengah. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...