Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan perencanaan karier siswa kelas IX SMP Negeri 3 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimental dengan metode pre eksperimen desain One Group Pre-test and Post-test Design. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa dengan tingkat perencanaan karier rendah. Metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai output Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,005, nilai sig. 0,005 < 0,05 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan perencanaan karier siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hasil tersebut menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan perencanaan karier siswa kelas IX SMP Negeri 3 Buton Tengah.
Copyrights © 2022