Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penguasaan pemahaman konsep peserta didik, dapat dilihat dari masih sulitnya peserta didik dalam menyebutkan nilai pecahan dan sulitannya peserta didik dalam membedakan antara pembilang dan penyebut. Hal ini disebabkan karena kurang kreatifnya pendidik dalam pemanfaatan alat peraga sehingga peserta didik kesulitan dalam menangkap materi pembelajaran, padahal penguasaan pemahaman konsep sangat penting bagi peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah tercapainya peningkatan pemahaman konsep peserta didik materi pecahan pada mata pelajaran matematika kelas III melalui penggunaan alat peraga blok pecahan lezat. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IIIA SDN Kestalan No.05, Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga blok pecahan lezat dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas IIIA SDN Kestalan No.05, Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar peserta didik dari pra siklus sampai siklus kedua. Pada siklus pra siklus sebelum menggunakan alat peraga prosentase tingkat ketuntasan peserta didik hanya 39% kemudian pada siklus pertama dengan penggunaan alat peraga prosentase tingkat ketuntasan peserta didik mencapai 70% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 91%. Kriteria ketuntasan dalam penelitian ini yaitu 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga blok pecahan lezat dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas IIIA SDN Kestalan No.05, Surakarta.
Copyrights © 2022