Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 6, No 2 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis

SISTEM PEMBERIAN INSENTIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. HASJRAT ABADI YAMAHA CABANG KENDARI

Sahzir, Sahzir (Unknown)
Amir, Muhammad (Unknown)
Utha, Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemberian insentif dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari. Adapun yang menjadi informan penelitian ini yaitu Manajer atau pimpinan yang ada di kantor PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari, 5 orang karyawan, 2 orang konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari dimensi Bonus Tahunan, PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari telah memberikan karyawan bonus dengan baik. Jenis bonus yang diberikan kepada karyawan marketing yaitu berupa bonus tahunan atau biasa disebut dengan bonus Privat. Bonus ini diberikan karyawan biasanya 1 tahun satu kali dan paling cepat 3 bulan sekali. Aspek yang di perhitungkan dalam pemberian bonus tahunan yaitu dilihat dari target penjualan apakah selama ini karyawan memenuhi target atau tidak, dilihat juga dari segi pembukuan bagian keuangan apakah karyawan selalu tepat, cepat dan keakuratan pembuatan dan pengiriman laporan kekantor pusat. Dan juga dilihat dari masalah tata tertib karyawan baik absensi kehadiran, kemudian masalah etitut karyawan itu sendiri. Dari dimensi Insentif Langsung Dari hasil wawancara kepihak perusahaan bahwa jenis insentif langsung yang diberikan kepada karyawan pada PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari yaitu berupa Uang bensin, dan Jaminan Celakaan atau BPJS. Untuk jumlah insentif langsung yang diberikan karyawan itu tergantung berapa banyak karyawan melakukan penjualan. Aspek yang di perhitungkan dalam pemberian insentif langsung yaitu: dilihat dari produktifitas karyawan seperti kinerjanya dalam sebulan apakah sangat baik atau tidak. Kemudian dari dimensi Insentif Individu, Pemberian insentif diberikan pada tiap bulan bersamaan dengan gaji bulanan karyawan, yang dimana perusahaan melihat berapa jumlah nyunit karyawan melakukan penjualan selama satu bulannya.Kinerja karyawan di PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari dalam segi kualitas kerja yang dilakukan karyawan itu sangat memuaskan dikarenakan kebanyakan karyawan yang bagian marketing itu bersemangat melakukan penjualan untuk mendapatan insentif yang di berika perusahaan. Dari beberapa karyawan menyatakan bahwa dengan adanya pemberian insentif mereka lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen. Mereka juga selalu tepat waktu dalam melakukan penjualan, Karyawan marketing selalu berkomitmen dengan adanya insentif sehingga mereka melakukan yang terbaik atau profesional kepada konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa sistem pemberian insentif kepada karyawan PT. Hasjrat Abadi Yamaha Cabang Kendari ditemukan bahwa dalam pelaksanaan pemberian insentif sudah dalam tahap yang baik sesuai dengan peraturan yang telah mereka tetapkan. mereka menunjukan bahwa insentif sangatlah bisa memberikan mereka motivasi dalam bekerja, karena karyawan merasa terbantu dengan adanya insentif dalam memenuhi kebutuhan mereka.   

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BUSSINESUHO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is organized by Laboratorium Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis focused on studies on bussines finansial, marketing, and human resources. ...