Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika, sehingga tidak jarang pelajaran matematika sering menjadi momok bagi siswa.Oleh karena itu, guru perlu selalu mencari alternatif model pembelajaran sehingga pelajaran ini menjadi menarik bagi siswa dan kesulitan siswa dapat dikurangi serta siswa senang terlibat didalamnya.Kegiatan pembelajaran dengan menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar merupakan salah satu pilihan yang baik untuk diterapkan. Dengan demikian siswa akan terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga kegiatan belajar yang dilakukan akan lebih berkesan yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan hasil belajar.Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan maksud tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions). Kegiatan pembelajaran pada model ini berpusat pada kegiatan belajar kelompok, dimana antara tiap-tiap anggota kelompok terjalin hubungan yang saling mendukung dan saling membantu untuk mendapatkan prestasi kelompok yang baik.Hasil penelitian dalam dua siklus pembelajaran menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai oleh siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) pada materi pelajaran Bentuk Pangkat dan Akar menunjukkan peningkatan yang cukup baik, dimana pada akhir siklus II diperoleh nilai rata-rata 72,16 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 65,00 sebanyak 25 orang (80,65%). Hasil ini jauh lebih baik bil dibandingkan dengan hasil tes awal dengan rata-rata 47,74 dan hasil tes siklus I dengan rata-rata 52,42. Hasil lain yang dicapai adalah terjadinya penurunan tingkat kesulitan siswa memahami konsep matematika pokok bahasan Bentuk Pangkat dan Akar. Kesimpulan yang dapat diambil adalah dengan menggunakan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions), dapat dikurangi kesulitan siswa kelas IX.3 SMP Negeri 9 Kendari dalam memahami konsep matematika khususnya pada pokok bahasan Bentuk Pangkat dan Akar, serta hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan baik.
Copyrights © 2020