Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 10, No 2 (2021)

Ruang Publik Sebagai Optimalisasi Pengembangan Diri Remaja dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur: Surabaya Youthcenter

Inayatur Arifiyani (Departemen Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Purwanita Setijanti (Departemen Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Masa remaja adalah masa peralihan atau transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Tahap remaja merupakan tahap produktif dalam melakukan aktivitas pengembangan diri dan mencari jati diri remaja. Semangat dan kegigihan remaja kota Surabaya dapat dibuktikan dengan tingginya intensitas remaja Surabaya dalam berlatih pada fasilitas umum Kota Surabaya. Namun fasilitas yang disediakan pemerintah Surabaya belum semuanya optimal dalam pemenuhan kebutuhan untuk pengembangan minat bakat remaja. Beberapa faktor yang belum terpenuhi yaitu kebutuhan dari segi kenyamanan dan standar aktivitas pengembangan diri remaja. Perlunya wadah yang optimal bagi remaja dalam aktivitas pengembangan potensi diri yang sesuai dengan minat bakatnya, sebaiknya menjadi prioritas utama pemerintah kota Surabaya. Pengaturan ruang dan desain untuk aktivitas pengembangan diri remaja yang optimal dan berlandaskan pendekatan segi psikologi arsitektur dengan tujuan terciptanya suasana yang memicu semangat dalam memperoleh prestasi di bidang non akademik. Objek rancangan akan berupa ruang publik yang difungsikan sebagai wadah aktivitas remaja untuk memicu dan mengembangkan potensi diri pada minat bakat melalui ruang yang fleksibel dan adaptif.

Copyrights © 2021