Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

ANALISIS KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 MAKASSAR

Ishaq, Iin Mulyani (Unknown)
Khaeruddin, Khaeruddin (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berargumentasi dalam pembelajaran fisika  peserta didik SMA Negeri 8 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA  SMA Negeri 8  Makassar semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subyek penelitian sebanyak 36 orang yang berasal dari kelas XI MIPA 4, XI MIPA 5 dan XI MIPA 6. Data kemampuan berargumentasi peserta didik diperoleh dari hasil tes kemampuan berargumentasi yang mengukur beberapa aspek yakni, klaim, data, pembenaran dan dukungan. Hasil dari penelitian ini  menunjukkan kemampuan berargumentasi peserta didik untuk setiap aspek berada pada kategori cukup untuk aspek klaim, kategori kurang untuk  aspek data dan  aspek pembenaran, serta kategori sangat kurang untuk aspek dukungan, dengan secara keseluruhan kemampuan berargumentasi peserta didik SMA Negeri 8 Makassar berada pada kategori kurang. Hal ini disebabkan karena tidak maksimalnya jawaban yang diberikan oleh peserta didik yang disebabkan beberapa faktor diantaranya kurangnya pemahaman konsep fisika, bentuk soal yang tidak familiar dan terdapat beberapa nomor soal yang tidak dijawab oleh peserta didik.  

Copyrights © 2021