Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 MAKASSAR

Irwan, Irma Yanthi (Unknown)
Kaharuddin, Kaharuddin (Unknown)
Khaeruddin, Khaeruddin (Unknown)
Helmi, Helmi (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA SMA 8 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Makassar pada tahun ajaran 2020/2021. Indikator keterampilan berpikir kritis yang diteliti meliputi interpretasi, analisis, dan inferensi. Variabel penelitian adalah keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sampel penelitian, peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Makassar yang berjumlah 136 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes dengan pemberian tes keterampilan berpikir kritis berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Makassar berada pada kategori sedang dengan persentase 47,79%.

Copyrights © 2021