Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas danketerampilan menulis cerita mahasiswa sastra Indonesia FKIPUniversitas Jambi melalui model pembelajaran berbasis proyek(PjBL).Metode penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas dengan pelaksanaan dua siklus.Setiap siklusdilaksanakan dua kali pertemuan dengan menulis cerita yangberbeda-beda.Setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan,observasi, evaluasi dan refleksi.Mahasiswa yang terlibat adalah yangmengontrak perkuliahan Menulis Cerita dan Drama sebanyak 24orang pada semester ganjil 2021.Data diolah dengan rumuspresentase dan disesuaikan dengan kriteria penilaian. Pada siklussatu mahasiswa yang aktif 58% dan siklus dua sudah mencapai 100%.Untuk penilaian sikap, siklus satu rata-rata 68 tergolong cukup dansiklus dua nilai rata-rata sikap 80 tergolong sangat baik. Terkaitketerampilan menulis cerita, pada siklus satu 69.40 tergolong cukupterampil dan siklus dua79.79 tergolong mampu atau terampil.Dengan demikian dapat disimpulkan “Model pembelajaran berbasisproyek, dengan pengelompokan mahasiswa secara heterogen,penganalisisan cerita penulis yang sudah diakui, serta pemberianhadiah dapat meningkatkan aktivitas, sikap, dan keterampilanmenulis cerita mahasiswa sastra Indonesia FKIP Unja”.Kata kunci: aktivitas, menulis cerita, model PjBL
Copyrights © 2022