Mahasiswa tahun pertama di tengah pandemi COVID-19 memiliki tantangan untuk dapat melakukan proses penyesuaian diri terhadap masa transisi dari sekolah menengah menuju perguruan tinggi serta beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro di tengah pandemi COVID-19. Populasi berjumlah 377 mahasiswa dan sampel penelitian sebanyak 191 mahasiswa yang diambil dengan metode convenience sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Skala Kecerdasan Emosional dan Skala Resiliensi. Analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro di tengah pandemi COVID-19, rxy = 0,790 (p < 0,05). Artinya semakin tinggi kecerdasan emosional subjek maka semakin tinggi resiliensi. Begitupun sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosional subjek maka semakin rendah resiliensi. Sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap resiliensi ditunjukkan dengan R Square = 0,624. Artinya, kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 62,4% dalam memprediksi peningkatan nilai dari variabel resiliensi.
Copyrights © 2021