ABSTRAC In a business business, in general, business competition is very tight, making it difficult for competitors or similar businesses to attract consumers. Some competitors may be more oriented towards satisfying rather than maximizing profit. Marketing itself is a form of muamalah that is justified in Islam, as long as the transaction process is protected from things that are prohibited by sharia provisions. Service must be done as well as possible to be able to provide added value in attracting consumers.This study aims to find out how the Islamic marketing character is applied, find out what factors can increase customer satisfaction and whether the implementation of sharia marketing character can increase customer satisfaction at STOKIS NASA E.2317 Warujaya Village, Depok District, Cirebon Regency.In this study the authors used a qualitative approach. Data collection techniques using observation, interviews and documentation.The implementation of sharia marketing character in increasing consumer satisfaction at Stokis Natural Nusantara E.2317 Warujaya, Depok District, Cirebon Regency is in the following way: the soul of a sharia marketer believes that these theistic or divine Shari'a laws are the fairest, where the owner of STOKIS NASA E.2317 places great emphasis on moral (moral and ethical) issues in all aspects of its activities. With the implementation of a clean, neat and unpretentious appearance whatever the model or style of dress worn by the owner and all employees of STOKIS NASA E.2317, and they work by prioritizing religious values, piety, moral aspects and honesty in all marketing activities. Keywords: Implementation; Marketing character; Consumer Satisfaction. ABSTRAK Dalam sebuah bisnis usaha secara umum persaingan usaha sangat ketat membuat para pesaing atau usaha yang sejenis akan sulit untuk menarik konsumen. Beberapa pesaing mungkin lebih berorientasi pada memuaskan bukan memaksimalkan laba. Marketing itu sendiri adalah salah satu bentuk muamalah yang dibenarkan dalam islam, sepanjang dalam proses transaksinya terpelihara dari hal-hal yang terlarang oleh ketentuan syariah. Pelayanan harus dilakukan dengan sebaik mungkin untuk dapat memberikan nilai tambah dalam menarik hati konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter marketing syariah yang diterapkan, mengetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan apakah dengan implementasi karakter marketing syariah dapat meningkatkan kepuasan konsumen di STOKIS NASA E.2317 Desa Warujaya Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon.Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Implementasi karakter marketing syariah dalam meningkatkan kepuasan Konsumen di Stokis Natural Nusantara E.2317 Warujaya Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon adalah dengan cara sebagai berikut: jiwa seorang syariah marketer meyakini bahwa hukum-hukum syariat yang teistis atau bersifat ketuhanan ini adalah yang paling adil, dimana owner STOKIS NASA E.2317 sangat mengedepankan masalah akhlak (moral dan etika) dalam seluruh aspek kegiatannya. Dengan diterapkannya penampilan yang bersih, rapi dan bersahaja apapun model atau gaya berpakaian yang dikenakan oleh owner dan seluruh pegawai STOKIS NASA E.2317, dan mereka bekerja dengan mengedepankan nilai-nilai religius, kesalehan, aspek moral dan kejujuran dalam segala aktivitas pemasarannya. Kata Kunci :Implementasi; Karakter Marketing; Kepuasan Konsumen.
Copyrights © 2021