Empowerment : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 1 No 2 (2021): Empowerment 2021

PENDAMPINGAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI TPQ AL-ISTIQOMAH KEDUNGURANG KECAMATAN GUMELAR

Hidayah, Anisa Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Kurangnya partisipasi masyarakat dalam lembaga pendidikan non formal berbasis keagamaan membuat ketidakseimbangan antara pengajar dengan pembelajar khususnya di Taman Pendidikan Al-Qur’an desa Kedungurang. Dimana jumlah santri dengan jumlah pengajar tidak merata. Hal ini mengakibatkan banyak anak-anak yang kurang mendapat perhatian dalam membaca dan menulis huruf Al-Qur’an. Selain itu, keterbatasan pengetahuan masyarakat mengenai metode pembelajaran Al-Qur’an dapat berdampak pada rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak-anak. Permasalahan ini yang menjadi tantangan untuk penulis dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan desa Kedungurang. Dari hasil observasi, terlihat bahwa anak-anak di desa Kedungurang belum menguasai kemampuan mengenal dan melafalkan huruf dengan baik dan benar. Maka dari itu, penulis membantu melakukan pendampingan baca tulis Al-Qur’an melalui metode Iqra dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis untuk anak-anak TPQ Al-Istiqomah Kedungurang. Metode Iqra merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an menggunakan panduan buku Iqra yang menekankan pada latihan membaca mulai dari dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science Other

Description

Focus and Scope Fokus Empowerment : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat diterbitkan oleh LPPM STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan ...