Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami)
Vol 4 No 1 (2022): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami)

Konsep Mathourism dari Perspektif Pembelajaran untuk Menunjang Terwujudnya Sustainable Tourism

Hanik, Umi (Unknown)
Mahmud, Mahmud (Unknown)
Perdana, Parrisca Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Matematika merupakan bidang ilmu yang banyak dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam bidang ilmu yang lain, salah satunya bidang ilmu pariwisata. Saat ini, bidang ilmu pariwisata tersebut akan dikaji agar dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran matematika. Kajian tersebut dinamakan mathourism. Implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan mathourism ini dapat mengikuti panduan dari aspek-aspek: 1) aktivitas: pembelajaran dengan memanfaatkan segala sesuatu terkait dengan kepariwisataan, 2) tujuan: pemahaman matematika siswa pada materi yang diajarkan dan pengetahuan tentang kepariwisataan, 3) waktu: week day dan week end dan tempat: di dalam dan di luar kelas, dan 4) materi: materi matematika dan materi tentang kepariwisataan yang dalam jangka panjang dapat menunjang pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism). Pembelajaran matematika dengan pendekatan mathourism merupakan inspirasi dalam dunia pendidikan. Selain out put—pemahaman matematika dan pengetahuan kepariwisataan, pembelajaran ini akan menghasilkan out come yaitu sustainable tourism.

Copyrights © 2022