Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia
Vol 8, No 1 (2021)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MATERI ANALISIS KUANTITATIF PROTEIN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA

Puspa Ayu Wardani ([Scopus ID: 57195054384], Chemistry Education Study Program in Sriwijaya University)
Diah Kartika Sari (Chemistry Education Study Program in Sriwijaya University)
Muhammad Hadeli (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2022

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis Project Based Learning (PjBL) Materi Analisis Kuantitatif Protein pada Mahasiswa Pendidikan Kimia” bertujuan untuk menghasilkan LKM berbasis PjBL yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang dikombinasikan dengan evaluasi formatif Tessmer. Tahapan pengembangan ADDIE yang digunakan pada penelitian ini meliputi tahap analisis, tahap desain, dan tahap pengembangan saja, yang kemudian dilanjutkan ke tahap evaluasi formatif Tessmer yang meliputi expert review, one to one, dan small group. Pada tahap expert review, LKM berbasis PjBL divalidasi oleh para ahli dari bidang ahli pedagogik, ahli materi dan ahli desain. Hasil skor penilaian validasi yang diperoleh pada tahap expert review bidang pedagogik sebesar 0,848 (tinggi), bidang materi sebesar 0,895 (tinggi), dan bidang desain sebesar 0,889 (tinggi). Hal ini menunjukkan bahwa LKM berbasis PjBL yang telah dikembangkan valid. Kepraktisan LKM berbasis PjBL dilihat dari skor angket kepraktisan pada tahap one-to-one dan tahap small group. Tahap one to one menghasilkan skor sebesar 0,865 (tinggi) dan pada tahap small group sebesar 0,865 (tinggi) yang berarti LKM berbasis PjBL yang telah dikembangkan praktis.

Copyrights © 2021