MALIH PEDDAS
Vol 10, No 2 (2020): Malih Peddas, Volume 10, Nomor 2

PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN DARING SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

haryanti, nanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemanfaatan aplikasi whatsapp dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dimana dalam pengumpulan informasi data dengan teknik dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang relevan dari berbagai macam yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah maupun berita. Kriteria berita dan artikel yang dipilih yaitu adanya pembahasan mengenai pemanfaatan aplikasi whatsapp dan pembelajaran daring di sekolah dasar. Dari dari 12 sumber yang didapatkan, kemudian dipilih yang paling relevan dan diperoleh 3 artikel dan 6 berita yang dipilih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi whatsapp dalam pembelajaran daring di sekolah dasar yang dilihat dari hasil data 3 artikel dan 6 berita yang menunjukkan bahwa aplikasi whatsapp sangat bermanfaatan dalam pembelajaran daring di sekolah dasar, beberapa fitur yang ada pada aplikasi whatsapp antara lain Chat Group, Whatsapp Web, Panggilan Suara, video, Enskripsi End To-End, pengiriman foto dan video, pesan suara, dan dokumen. Media sosial whasapp melalui beragam fitur yang disediakan dapat digunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat misalnya dalam dunia pendidikan. Penggunaan aplikasi whatsapp dalam pembelajaran ada kelebihan maupun kekurangnnya. Kelebihannya membutuhkan kuota sedikit sedangkan kekerurangnya dalam pembelajaran daring membutuhkan waktu yang bayak dalam mempersiapkan materi yang akan dibagikan kepada siswa.

Copyrights © 2020