Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) terhadap pemahaman konsep, peningkatan life skill, dan keterampilan proses sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 Semarang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain control group pre test post test. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling menghasilkan kelas XI-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI-IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, pembelajaran menggunakan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran seperti yang biasa dilakukan guru mitra tanpa menerapkan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP). Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan angket. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh hasil kelas eksperimen memiliki rata-rata pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil analisis, diperoleh koefisien korelasi biserial pemahaman konsep (rb) sebesar 0,48 dengan koefisien determinasi sebesar 23,04%, sedangkan life skill siswa meningkat sebesar 23% dan berdasarkan analisis deskriptif didapatkan persentase nilai keterampilan proses sains siswa sebesar 95,91% dengan kategori sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) berpengaruh pada pemahaman konsep siswa, dapat meningkatkan life skill, dan keterampilan proses sains siswa MA Negeri 1 Semarang pada meteri larutan penyangga.
Copyrights © 2013