Abstrak Permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan kurikulum Sistem Kredit Semester di SMA Negeri 3 Semarang yaitu kurangnya waktu bagi guru untuk menjelaskan materi dalam satu semester sehingga aspek psikomotor kurang diperhatikan. Penelitian tindakan kelas iniĀ bertujuan meningkatkan keterampilan laboratorium siswa melalui penerapan metode praktis-demonstratif pada pembelajaran berbasis sistem kredit semester. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 sebanyak 29 siswa. Uji coba instrumen meliputi uji coba instrumen observasi dan uji coba instrumen angket. Reliabilitas instrumen observasi dianalisis dengan Intra-class Correlation Coefficient, reliabilitas angket dianalisis dengan cronbach alpha, dan uji validitas menggunakan korelasi bivariate Pearson. Hasil penelitian pada siklus 1, aspek yang menunjukkan hasil baik adalah pembuatan laporan praktikum sementara, laporan akhir praktikum, dan angket sedangkan keterampilan laboratorium dan sikap siswa di laboratorium belum menunjukkan hasil memuaskan. Pada siklus 2 semua aspek menunjukkan peningkatan dan hasil yang baik. Pada siklus 3 terjadi peningkatan lagi dan hasil yang didapatkan semakin memuaskan. Hasil dari ketiga siklus menunjukkan bahwa penerapan metode praktis demonstratif dapat meningkatkan keterampilan laboratorium siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 3 Semarang.
Copyrights © 2013