Journal of Management Review
Vol 5, No 3 (2021)

PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A PURWOKERTO

Abiyyu Satrio Wibowo (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari dilakukanya penelitian ini adalah agar dapat mengetahui dan menganalisa suatu rumusan masalah yaitu terdapat pengaruh atau tidak pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Purwokerto. metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner atau angket sebagai pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini yaitu petugas pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Purwokerto dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Hasil dari peneltian adalah adanya pengaruh yang singnifikan antara pengembangan sdm terhadap kinerja pegawai. Hasil analisis pengujian dari uji koefisien kolerasi (R) yang menunjukan bahwa variabel pengembangan sumber daya manusia memiliki pengaruh dengan kategori sedang terhadap kinerja pegawai. Nilai koefisien determinasi 31% yang artinya variabel pengembangan sdm memiliki pengaruh 31% terhadap kinerja pegawai pemasyarakatan lapas kelas II A Purwokerto. H0 (tidak dapat pengaruh antar pengembangan terhadap kinerja pegawai) ditolak dan H1 (terdapat pengaruh antara variabel pengembangan sdm terhadap kinerja pegawai ) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan Ssumber daya manusia sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja pegawai pemasayarakatan. Dengan meningkatnya kinerja pegawai maka organisasi dalam menjalankan tuganya sebagai pelayan masyarakat yaitu melayani tahanan dan narapidana akan menjadi lebih baik lagi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

managementreview

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of ManagementReview is a scientific journal in the field of management in widely spectrum broad but focus on management science that aims to accommodate for writers such as lecturer, students, researchers and practitioners to share their scientific experience both theoretically and ...