SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2: Desember 2012

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)

Musdalifah Musdalifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2012

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tidakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tanralili Kabupaten Maros yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tanralili Kabupaten Maros dengan jumlah siswa 35 orang pada semester genap Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan teknik kategorisasi standar. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu: 1) Pada siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 57,57 dengan standar deviasi 13,95 pada skor ideal 100. 2) Pada siklus II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar  78,00 dengan standar deviasi 12,67 pada skor ideal 100. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I sebesar 45,71 15%"  ke siklus II sebesar 82,86%. 3) Keaktifan siswa selama proses belajar mengajar juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tanralili setelah penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...