Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Aritmatika Sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis sehingga diperoleh gambaran tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII pada SMP Negeri 57 Palembang sebanyak 20 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tersebut masih ada yang tergolong rendah. Dari data yang didapat 20 siswa, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Banyak siswa masih keliru dalam indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban. Hal tersebut disebabkan karena siswa masih belum terbiasa mengerjakan soal- soal pemecahan masalah sehingga perhitungan penyelesaian masalah, selain itu siswa rata-rata tidak memeriksa kembali jawaban yang telah dibuat. Siswa perlu sering dilatih untuk mengerjakan soal- soal pemecahan masalah agar kemampuan pemecahan masalah mereka bisa meningkat, siswa diharapkan akan lebih teliti dalam memahami permasalahan, menentukan jawaban, serta mmeriksa kembali jawaban yang telah dibuat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020