SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2: Desember 2012

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR DISERTAI UMPAN BALIK

Sukarna Sukarna (Unknown)
Syafaruddin Syafaruddin (UNM)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2012

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran melalui tugas terstruktur disertai umpan balik. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII/H SMP Negeri 1 Sungguminasa dengan jumlah siswa 36 orang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang diberikan pada setiap akhir siklus.   Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa Kelas VII/H SMP Negeri 1 Sungguminasa. Ini dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar matematika siswa yang pada siklus I sebesar 78,30 yang berada pada kategori sedang dengan standar deviasi 7,77. Siswa yang tuntas belajarnya adalah 34 orang dengan persentase 94,44% sedangkan yang belum tuntas belajar 2 orang dengan persentase 5,56%. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,29 yang berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 5,79. Siswa yang tuntas belajarnya meningkat menjadi 35 orang dengan persentase 97,22% sedangkan yang belum tuntas belajar berkurang menjadi 1 orang dengan persentase 2,78%. Di samping itu, data hasil observasi di setiap siklusnya menunjukkan adanya perubahan sikap siswa ke arah yang lebih positif, baik dari segi sikap dalam belajar, keaktifan, maupun kedisiplinan dalam mengerjakan tugas serta PR. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran tugas terstruktur disertai umpan balik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VII/H SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...