SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 11, No 2: Desember 2019

PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE MAPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA

Shindy Ekawati (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Made Ristia Kartika (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa program studi agroteknologi universitas cokroaminoto palopo dengan menerapkan pembelajaran blended learning berbantuan software maple. Satuan eksperimen pada penelitian ini adalah kelas 1D program studi agroteknologi universitas cokroaminoto palopo yang berjumlah 32 mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2019/2020. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penentuan sampel berdaskan pertimbangan tertentu. Pertimbangan peneliti dalam hal ini adalah mahasiswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang rendah. Instrumen yang digunakan adalah tes kemapuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa sebelum penerapan pembelajaran yaitu 52,94 dan skor kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah penerapan pembelajaran yaitu 87,84, (2) kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada pembelajaran blended learning berbantuan software maple mengalami peningkatan (gain ternormalisasi), dan (3) pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah penerapan pembelajaran blended learning berbantuan software maple.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...