SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation
Vol 6, No 1 (2022): Maret

STATUS GIZI TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS SISWA KELAS XII MIA SMAN 2 SOPPENG

Ilham Kamaruddin (Universitas Negeri Makassar)
Andi Ihsan (Universitas Negeri Makassar)
Erdiansyah Erdiansyah Erdiansyah (UNIVEERSITAS NEGERI MAKASSAR)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif dengan tujuan mengetahui tingkat status gizi, hasil belajar penjas, dan keterkaitanstatus gizi dan hasil belajar penjas. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XII MIA SMAN 2 Soppeng dengan sampel30 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik persentase dan analisis korelasi menggunakan aplikasiolah data SPSS. Hasil analisis korelasi data antara status gizi dan hasil belajar penjas pada aspek kognitif diperoleh nilai sig = 0,756 lebih dari 5% berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil belajar penjas pada aspek psikomotorik diperoleh sig = 0,978 lebih dari 5% berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil belajar penjas pada aspek afektif diperoleh sig = 0,105 lebih dari 5% berarti Ho diterima dan Ha ditolak Dengan demikian, tidak ada keterkaitan antara status gizi terhadap hasil belajar penjas siswa kelas XII MIA SMAN 2 Soppeng.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sportive

Publisher

Subject

Education

Description

SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation secara rutin diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September. Menerima Artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran pada bidang Olahraga dan Rekreasi, Ilmu Kesehatan Olahraga, serta Ilmu Kepelatihan ...