Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 4 (2022)

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Online melalui Strategi Komunikasi Efektif Selama Pandemi Covid-19

Afifah Fatihakun Ni'mah Wahidah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Naimah Naimah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Dian Tri Utami (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk  menganalisis  dan memaparkan bagaimana strategi  komunikasi  antara  dosen dengan  mahasiswa  dalam   mengatasi hambatan mengikuti perkuliahan online. Peneliti menerapkan pendekatan  kualitatif  dengan  metode  studi  kasus,  penelitian ini  melibatkan  satu  orang   dosen  pengampu  dan  mahasiswanya yang berjumlah 30 anak dari UIN Syarif Kasim Riau, Jurusan PIAUD, mata kuliah Asesmen Pembelajaran RA. Hasil dari penelitian menunjukkan selama proses pembelajaran online, mahasiswa mendapat kesulitan untuk mengerti dari materi yang dijelaskan oleh  dosen, dan komunikasi yang baik menjadi kunci utamanya, dosen dan mahasiwa yang mempunyai jalinan komunikasi yang baik yaitu dengan menggunakan strategi kolaborasi antara dosen dan mahasiswa sehingga akan menghasilkan proses penyampaian pengetahuan secara online menjadi maksimal. Dalam hal ini didukung dengan dosen yang secara optimal menciptakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif dan variatif, serta dosen memposisikan diri sebagai motivator dan inisiator agar mahasiswa semakin semangat dalam mengikuti pembelajaran online

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...