Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 4 (2022)

Pembelajaran Daring Anak Usia Dini dengan Orang Tua Ter-PHK

Putu Aditya Antara (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Wayan Meli Udayani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Ganesha)
Gusti Ayu Tara Ari Suryani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Ganesha)
Kadek Maharani Kresna Astiti PS (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Wayan Lestari (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2022

Abstract

Pandemi telah membuat banyak karyawan diputus hubungan kerja (PHK), termasuk para orang tua anak usia dini yang sedang bersekolah. Menghadapi kondisi ini orang tua ter-PHK memiliki berbagai permasalahan dan solusi menghadapi kondisi tersebut. Hal ini menjadi urgensi kajian dengan tujuan mengetahui bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran daring pada orang tua ter-PHK, permasalahan dan solusi pembelajaran daring anak usia dini. Metode kualitatif dipilih dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Kabupaten Gianyar, Bali. Hasil menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pembelajaran daring yaitu orang tua ter-PHK bisa melakukan pendampingan berkualitas karena mempunyai waktu untuk mendampingi anak belajar daring lebih banyak. Pemberian motivasi yang membangun semangat anak tetap belajar daring. Pengawasan yang berkelanjutan bisa dilakukan pada berbagai kegiatan belajar anak. Permasalahan berupa dana pendidikan, kebosanan dan kemalasan belajar anak. Solusi yang ditemukan yaitu bimbingan terarah pada aktifitas pembelajaran daring anak, apresiasi atas berbagai pencapaian pembelajaran, berjualan serta berladang merupakan pilihan prospetif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...