Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 4 (2022)

Dampak Pembelajaran Daring pada Perkembangan Psikososial Anak Saat Pandemi COVID-19

Suyadi Suyadi (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2022

Abstract

Selama masa pandemi COVID-19, pembelajaran online menjadi alternatif untuk penyelesaian masalah pendidikan di Indonesia. Keterbatasan pelaksanaan pembelajaran pembelajaran online di lembaga pendidikan anak usia dini mengakibatkan gangguan perkembangan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gangguan perkembangan apa saja pada anak usia dini selama pembelajaran online. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan orang tua. Partisipan melibatkan 125 anak, 8 orang tua, dan 7 guru di 4 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik deskriptif dan content analysis. Pengumpulan data primer dan sekunder dengan melakukan observasi lapangan dan wawancara. Display data penelitian dengan menggunakan program aplikasi ATLAS.ti. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran daring berpengaruh pada gangguan perkembangan psikososial yaitu terbatasnya interaksi anak dengan orang lain dan berkurangnya keterampilan anak berkomunikasi. Gangguan ini berimplikasi pada keterasingan anak dalam kehidupan sosialnya sehari-hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...