Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol. 4 No. 3: November 2021

Miskonsepsi materi pengolahan data di sekolah dasar

Mimin Vera (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rikana Sulistyaningrum (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Hengki Purnomo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Budi Murtiyasa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil PISA tahun 2019 menunjukkan prestasi Indonesia semakin menurun. Terutama dalam muatan pelajaran Matematika. Matematika merupakan  muatan pelajaran yang tidak bisa dipisahkan di kehidupan nyata. Oleh sebab itu miskonsepsi pada muatan pelajaran Matematika harus segera ditangani. Terutama materi pengolahan data. Dilapangan tidak sedikit miskonsepsi yang terkait dengan materi pengolahan data terutama pada tingkat sekolah dasar.20 peserta didik kelas 6 SDN Kepatihan Jebres Surakarta tahun ajaran 2020/2021 adalah subjek dalam penelitian ini. Desain penelitian kualitatif serta analisa data statistika deskriptif adalah metode pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dimanfaatkan ialah dokumentasi dan tes. Teknik triangulasi dimanfaatkan untuk menguji keabsahan data yaitu triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terjadi miskonsepsi pada materi pengelolaan data yang harus segera dicari solusinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...