Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2022): Mei 2022

Pendampingan Dasar-Dasar Strategi Pemasaran dalam Era Digital untuk UMKM Kecamatan Cileungsi

Awang Surya (Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi)
Wilarso Wilarso (Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2022

Abstract

Secara umum pertumbuhan UMKM di Indonesia masih menghadapi banyak kendala. UMKM Kecamatan Cileungsi di dalam menjalankan usahanya mempunyai kendala utama terkait pemasaran. Hal ini harus mendapat perhatian serius dari pemangku kepentingan, karena perkembangan usaha sangat ditentukan oleh keberhasilan pemasaran. Terlebih lagi saat ini persaingĀ­an antar pelaku usaha makin sengit, kelangsungan hidup UMKM amat ditentukan oleh kemampuan merek untuk meraih pangsa pasar. Tujuan utama program yang diadakan yaitu peserta dalam hal ini pelaku UMKM bisa paham prinsip strategi pemasaran serta bauran pemasaran. Metode pelaksanaan yang dipergunakan adalah penyuluhan yang dilaksanakan dengan media zoom meeting. Kegiatan diawali dengan pemaparan materi, Tanya jawab dan kemudian diadakan studi kasus usaha salah seorang peserta dan diskusi antara peserta. Hasil kegiatan ini adalah pemahaman peserta terhadap pentingnya pemasaran, langkah-langkah strategi pemasaran dan faktor bauran pemasaran yaitu Empat P yang terdiri dari Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi) mengalami peningkatan berdasarkan hasil penyebaran kuesioner.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

parahita

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Serang Raya dengan ISSN 2599-0020 (Cetak) dan ISSN 2599-0012 (Online). Jurnal ini memuat artikel-artikel pengabdian kepada masyarakat dengan ruang lingkup ...