EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi
Vol. 7 No. 1 (2021): Volume 07 No. 01 Juli 2021

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK MULTIMEDIA BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATERI VIRUS UNTUK KELAS X

wahyu nur hidayah (unwaha)
Ospa Pea Yuanita Meishanti (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2021

Abstract

Materi virus merupakan salah salah satu materi yang dianggap sulit karena banyak menggunakan bahasa dan istilah Latin, serta anggapan bahwa virus dan bakteri adalah sel prokariotik. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa peserta didik tertarik untuk membaca bacaan yang memuat banyak gambar dan warna, maupun dikombinasikan dengan multimedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan dan hasil respon terhadap media e-book multimedia berbasis pembelajaran kontekstual pada materi virus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tujuh langkah awal R & D, Kelayakan media diukur dengan menggunakan uji validitas oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Selain itu, terkait dengan respon pengguna terhadap e-book maka dilakukan uji respon oleh 10 peserta didik di Wilayah Kecamatan Jombang yang telah mempelajari materi virus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media e-book multimedia berbasis pembelajaran kontekstual materi virus kelas X berdasarkan penilaian validator ahli materi memperoleh nilai 91,17% yang berarti sangat layak dan validator ahli media memperoleh nilai 91,07% yang berarti sangat layak. Sedangkan hasil respon peserta didik dari penelitian ini menunjukkan bahwa media e-book multimedia berbasis pembelajaran kontekstual materi virus kelas X berdasarkan penilaian peserta didik memperoleh nilai 84% yang berarti sangat baik. Media e-book multimedia ini perlu dilakukan perbaikan berdasarkan saran dan masukan dari tim validator dan respon peserta didik. Media e-book multimedia berbasis pembelajaran kontekstual materi virus kelas X dapat gunakan untuk pembelajaran di kelas dengan syarat dilakukan penelitian pengembangan lebih lanjut dan uji coba yang lebih luas, sehingga diperoleh bahwa media e-book multimedia teruji validitasnya dan siap digunakan. Kata kunci: media pembelajaran, e-book multimedia, pembelajaran kontekstual, virus

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eduscope

Publisher

Subject

Education

Description

EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Jurnal Eduscope memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi dari hasil penelitian dan kajian ...