Tujuan penelitian ini adalah merancang media pembelajaran Spelling Box untuk meningkatkan kemampuan menulis kata dalam bahasa Inggris, serta menguji kelayakan dan keefektifan media Spelling Box untuk meningkatkan kemampuan menulis kata dalam bahasa Inggris di sekolah dasar di Desa Cikupa Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan ASSURE. Subyek penelitian ini adalah 10 siswa di Desa Cikupa Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru bahasa Inggris di sekolah dasar dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan media kotak ejaan oleh ahli desain pembelajaran adalah 87,7% dan termasuk dalam kategori Sangat Sesuai, nilai kelayakan media kotak ejaan oleh ahli media pembelajaran adalah 91,8% dalam kategori Sangat Sesuai, kelayakan nilai media kotak ejaan menurut ahli materi skor 91,2% dengan kategori Sangat Sesuai; nilai kelayakan media kotak ejaan pada uji coba one to one siswa adalah 86,1% dalam kategori sangat layak, dengan persentase akumulasi semua uji kelayakan sebesar 88,89%; Rerata skor pre-test pada uji coba kelompok kecil adalah 4,95 dan skor rata-rata post-test adalah 9,29 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 87,6%.
Copyrights © 2021