Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam mengelola sekolah melalui Supervisi Manajerial pada SMP, binaan di Kabupaten Tanah Datar. Kajian Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dianggap relevan dalam rangka meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam mengelola sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan instrumen penilaian yang berisi 40 item pengelolaan sekolah yang digunakan selama kegiatan observasi berlangsung. Hasil penilaian, kemudian dianalisis dan dijadikan sebagai bahan perencanaan tindakan pada siklus berikutnya, guna untuk menarik kesimpulan. Temuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) setelah dianalisa menunjukan bahwa berdasarkan observasi awal terhadap 7 orang kepala sekolah SMP, binaan di Kabupaten Tanah Datar memperoleh nilai rata-rata 59.20%. Setelah dilaksanakan siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 69.57%. Sedangkan pelaksanaan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 87%. Implikasi hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) melalui Supervisi Manajerial dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam mengelola sekolah pada SMP, binaan di Kabupaten Tanah Datar. Dengan demikian hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi kepala sekolah dalam mempersiapkan rencana program sekolah, pelaksanaan program, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan kepala sekolah, dan system informasi manajemen sekolah dengan baik. Bagi pengawas sekolah dan stake holder Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar sebagai masukan dalam melakukan pembinaan terhadap kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan pada setiap sekolah di Kabupaten Tanah Datar.
Copyrights © 2021