Ensiklopedia Education Review
Vol 3, No 3 (2021): Volume 3 No.3 Desember 2021

SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH PADA SEKOLAH BINAAN DI KABUPATEN TANAH DATAR

Raymond Burhano (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam mengelola sekolah melalui Supervisi Manajerial pada SMP, binaan di Kabupaten Tanah Datar. Kajian Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dianggap relevan dalam rangka meningkatkan kinerja kepala sekolah  dalam mengelola sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan instrumen penilaian yang berisi 40 item pengelolaan sekolah yang digunakan selama kegiatan observasi berlangsung. Hasil penilaian,  kemudian dianalisis dan dijadikan sebagai bahan perencanaan tindakan pada siklus berikutnya, guna untuk menarik kesimpulan. Temuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) setelah dianalisa menunjukan bahwa berdasarkan observasi awal terhadap 7 orang kepala sekolah SMP, binaan di Kabupaten Tanah Datar memperoleh nilai rata-rata 59.20%. Setelah dilaksanakan siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 69.57%. Sedangkan pelaksanaan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 87%.  Implikasi hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) melalui Supervisi Manajerial dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah  dalam mengelola sekolah pada SMP, binaan di Kabupaten Tanah Datar. Dengan demikian hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi kepala sekolah dalam mempersiapkan rencana program sekolah, pelaksanaan program, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan kepala sekolah, dan system informasi manajemen sekolah dengan baik. Bagi  pengawas sekolah dan stake holder Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar sebagai masukan dalam melakukan pembinaan terhadap kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan pada setiap sekolah di Kabupaten Tanah Datar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

education

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel di bidang ilmu pendidikan di Indonesiam baik dalam bahasa Indonesia ataupn bahasa PBB. Jurnal terbit selama 3 kali dalam satu tahun, yaitu di Bulan April, Agustus, Desember. ...