Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya mutu pendidikan, satu diantaranya adalah faktor guru, yang berupa : (1) kurang memahami konsep ajaran. (2) Lemah dalam aspek peadadogis, dan (3) tidak menguasai metode-metode yang relevan dalam proses belajar mengajar. Mengenai rendahnya kompetensi guru secara menyeluruh memang sukar dibuktikan, karena belum tersedianya studi yang secara komprehensif tentang hal tersebut.Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di UPT. SD Negeri 04 Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar. Alasan utama dari hasil pengamatan langsung dan informasi yang di terima, bahwa sebagian guru di UPT. SD Negeri 04 Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar belum memiliki kinerja yang baik dalam melaksanaan kegiatan belajar mengajar karena guru belum mampu menyusun agenda PBM yang baik yang sesuai dengan keadaan dan kondisi sekolah masing-masing.Temuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) setelah dianalisa menunjukan bahwa berdasarkan observasi pada siklus I dan siklus II sikapguru dalam menyusundan mempraktekkan di kelascukup baik, dengan rata-rata nilai 84,22,guru-guru di sangat antusias melaksanakan penyusunansatuan pelajaran dan mempraktekkannya dengan baik . Sedangkan dari hasil penilaian terhadap penilaiandalamimplementatif di kelas cukupbaik.Implikasi hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Kompetensi guru dalam melaksanakan tugas terutama dalam penyusunan satuan pelajaran di UPT. SD 04 Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar dapat ditanyakan baik.Faktor yang terabaikan dalam pengembangan kompetensi guru dalam PBM yaitu pemanfaatan dan penggunaan buku pedoman penyusunan satuan pelajaran kurang mendapatkan porsi yang baik di UPT. SD 04 Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar.
Copyrights © 2021