JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif

Pengaruh Mental Kewirausahaan, Kreativitas dan Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa

Mayrizza Ega Delvanty (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh mental kewirausahaan, kreativitas dan sosial ekonomi orang tua terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitiatif dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 282 mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sehingga diperoleh sebanyak 52 subjek penelitian yang mengembalikan kuesioner penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yaitu mental kewirausahaan, kreativitas dan sosial ekonomi orang tua menjelaskan variabel dependen minat berwirausaha sebesar 61,2%. Selanjutnya hasil analisis menunjukkan variabel mental kewirausahaan dan kreativitas berpengaruh terhadap minat berwisausaha pada mahasiswa (T-Statistics > 1,96). Sedangkan variabel sosial ekonomi orang tua menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa (T-Statistics < 1,96).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu ...