Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022

Tingkat Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 5 Karawang

Niken Romadhani (Unknown)
Rhama Nurwansyah Surmarsono (Unknown)
Citra Resita (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat keidisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 5 Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dalam bentuk data kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI sebanyak 429 siswa, sampel dalam penelitian yang menjadi responden berjumlah 207 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan rumus slovin. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner melalui Google Form. Lembar angket berisikan 4 alternatif jawaban yang diambil melalui skala likert. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 5 Karawang diperoeh faktor jenis kedisiplinan yang terdiri dari indikator bertanggung jawab dengan persentase 87,03% dengan kategori tinggi, indikator murah hati dengan persentase 80,97% dengan kategori tinggi, indikator kejujuran sikap dengan persentase 84,94% dengan kategori tinggi, dan indikator berani menegakan kebenaran dengan persentase 74,01% dengan kategori sedang. Mengacu pada data penelitian tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 5 Karawang secara keseluruhan dapat disimpulkan kedisiplinan siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 81,74%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...