Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 10, No 2 (2012)

Penerapan Komunikasi Kelompok dalam Kepemimpinan Parabela di Masyarakat Kabupaten Buton

M. Najib Husain (Unknown)
Trisakti Haryadi (Unknown)
Sri Peni Wastutiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2014

Abstract

 Tujuan penelitian ini;(1) menganalisis peran kepemimpinan Parabela dandukungan pemerintah desa;(2) mengevaluasi penerapan komunikasi kelompok pada peran kepemimpinan Parabela dalam mengajak masyarakat dalam menjaga kawasan Kaombo pasca kebijakan Otonomidaerah. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi.Hasil penelitiaan menemukan peran kepemimpinan Parabela pasca kebijakan otonomi daerah masih ada yaitu Parabela sebagai pemberiinformasi, pemangku adat, mediator dan pegambilkeputusan dalammenjaga kawasan hutan Kaombo dan dukungan pemerintah desa masih berjalan di masyarakat. Penerapan komunikasi kelompok pada kepemimpinan Parabela dilaksanakan dalam menjaga kelestarian kawasan hutan Kaombo yang berlangsung sacara alami, di mana Parabela melakukan dua tahap pertemuan kelompok yaitu melakukan pertemuan dengan perangkat adat, yang kedua melibatkan berbagai komponen dalam masyarakatnya ketika mengambil keputusan di Baruga dalam menjaga kawasan hutan Kaombo sebagai bentuk dari implementasi komunikasi kelompok. Parabela juga menyampaikan pesan-pesan untuk menjaga kelestarian hutan Kaombo serta sanksi bagi perusak lingkungan pada saat pesta adat berlangsung, baik itu pesta adat “Sampua Galampa” di Desa Rongi, pesta adat “Pikoela liwu” diKelurahan Pasarwajo, pesta adat “Pibacua” di Desa Lapandewa, dan pesta adat “Pencucian Payung Siontapina” di Puncak Gunung Siontapina di Desa Labuandiri

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...